RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SD N ANEUK BATEE
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS /SEMESTER : VI /I
WAKTU : 2 X 35 MENIT
A.
STANDAR KOMPETENSI :
2. Memahami Cara Perkembangbiakan Makhluk hidup
B.
Kompetensi dasar / Indikator
2.3. Mengidentifikasi cara perkembangbiakan Hewan dan tumbuhan
2.3.1 Mengidentifikasi cara hewan berkembangbiak
2.3.2 Mendeskripsikan cara hewan berkembangbiak
2.3.3 Mengelompokkan hewan yang
membuahi sel telurnya didalam tubuh dan diluar tubuhnya
C.
Tujuan Pembelajaran
· Melalui pengamatan gambar siswa dapat mengindetifikasi cara hewan
berkembangbiak
· Melalui media gambar siswa dapat mendeskripsikan cara hewan
berkembangbiak
· Melalui Diskusi siswa dapat mengelompokkan hewan yang membuahi sel
telurnya didalam tubunnya dan hewan yang membuahi seltelurnya diluar tubuhnya
D.
Materi
· Perkembangbiakan Hewan
E.
Metode
-
demonstrasi,diskusi,Tanya
jawab
F.
Kegiatan Belajar Mengajar
1.
Kegiatan
Awal :
Apersepsi
dan motivasi
· Memberi salam,membaca
doa,mengabsen serta menyapa siswa,
· Bertanya jawab tentang pelajaran
lalu
· Menyampaikan Tujuan pembelajaran
|
|
2.
Kegiatan
Inti:
-
Siswa
mengamati gambar hewan berkembang biak
-
siswa
mengamati cara hewan berkembangbiak
-
siswa
menyebutkan cara-cara hewan berkembang - biak
-
Guru
membagi 3 kelompok siswa
-
siswa
berdiskusi tentang cara hewan berkembangbiak
-
Siswa
pengelompokan hewan yang membuahi sel telurnya didalam tubuh dan hewan yang I
membuahi seltelur diluar tubuhnya
-
siswa
menyimpulkan cara hewan berkembangbiak
-
Siswa
mempresentasikan hasil kerja kelompoknya
-
Guru
memberikan kesempatan bagi siswa yang ingin menyampaikan gagasan atau
pendapat mereka mengenai cara berkembang biakan hewan
-
Guru
menyediakan waktu bagi siswa untuk bertanya jawab tentang cara berkembangbiakan
hewan
-
Guru
Memberi penguatan
|
|
3.
Kegiatan
akhir :
-
Guru
bersama siswa mengambil kesimpulan tentang materi yang diajarkan
-
Pesan
Moral
|
G.
Alat Dan Bahan :
-
Gambar
hewan berkembangbiak,buku paket kelas VI, lingkungan
H.
Penilaian
-
Tes
lisan dan tes tulisan
Mengetahui , Aneuk
Batee,
Kepala Sekolah Wali
Kelas
MARZUKI DJOHAN IDAWATI,
S.Pd
NIP: 19570101 1980121010 NIP:
198105072006042046
Soal :
1.
Sebutkan
2 cara pembuahan terhadap telur hewan -hewan
2.
Jelaskan
pengertian dari hewan berkembangbiak pada hydra
3.
Tuliskan
3 contoh hewan yang bertelur
4.
Tuliskan
3 contoh hewan yang melahirkan
5.
Apa
pengertian dari ovivar,vivar dan ovovivipar
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SD N ANEUK BATEE
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS /SEMESTER : VI /I
WAKTU : 2 X 35 MENIT
A.
STANDAR KOMPETENSI :
2. Memahami Cara
Perkembangbiakan Makhluk hidup
B.
Kompetensi dasar / Indikator
2.3 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan Hewan dan tumbuhan
2.3.4 Mengidentifikasi
berkembangbiakan Vegetatif
2.3.5 Mengidentifikasi alat perkembangbiakan generative
2.3.6 Menjelaskan Pengertian
penyerbukan dan pembuahan
C.
Tujuan Pembelajaran
· Melalui pengamatan pada lingkungan siswa dapat menemukan perbedaan tumbahan yang berkembiakan
vegetatif alami dan vegetatif buatan
· Melalui Diskusi siswa dapat menyebutkan alat-alat perkembangbiakan
generative baik alami maupun buatan
· Melalui media video siswa dapat menjelaskan pengertian penyerbukan
dan pembuahan
D.
Materi
· Perkembangbiakan tumbuhan
E.
Metode
· Demonstrasi, diskusi, Tanya jawab
F.
Kegiatan Belajar Mengajar
1.
Kegiatan Awal
:
Apersepsi dan motivasi
·
Memberi
salam,membaca doa,mengabsen serta menyapa siswa,
·
Bertanya
jawab tentang pelajaran lalu
·
Menyampaikan
Tujuan pembelajaran
|
|
2. Kegiatan Inti:
·
Siswa
mengamati tumbuhan yang ada di lingkungan sekolah
·
siswa menemukan
cara tumbuhan berkembangbiak
·
siswa
menyebutkan cara berkembangbiak vegetative alami dan buatan
·
Guru membagi
3 kelompok siswa
·
Siswa berdiskusi
tentang cara berkembangbiakan regetatif
·
Siswa
pengelompokan tumbuhan regetatif alami dan buatan
·
Siswa menyebutkan
bagian – bagian dari bunga dan fungsinya siswa berdiskusi tentang penyerbukan
dan pembuahan
·
Siswa berdiskusi
tentang penyerbukan dan pembuahan
· Siswa melaporkan hasil kerja kelompoknya didepan kelas
·
Guru
memberikan kesempatan bagi siswa yang ingin menyampaikan gagasan atau
pendapat mereka mengenai cara berkembang biakan tumbuhan
·
Guru menyediakan
waktu bagi siswa untuk bertanya jawab tentang cara berkembwngbiakan tumbuhan
· Guru Memberi penguatan
|
|
3. Kegiatan akhir :
·
Guru bersama
siswa mengambil kesimpulan tentang materi yang diajarkan
·
Pesan Moral
|
G.
Alat dan Bahan :
· Gambar,buku paket kelas VI, lingkungan
H.
Penilaian
· Tes lisan dan tes tulisan
Mengetahui , Aneuk
Batee,
Kepala Sekolah Wali
Kelas
MARZUKI DJOHAN IDAWATI,
S.Pd
NIP: 19570101 1980121010 NIP:
198105072006042046
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SD N ANEUK BATEE
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS /SEMESTER : VI /I
WAKTU : 2 X 35 MENIT
A.
STANDAR KOMPETENSI :
2. Memahami Cara Perkembangbiakan
Makhluk hidup
B.
Kompetensi dasar / Indikator
2.4 Mengidentifikasi cara
perkembangbiakan Manusia
2.4.1 Mengidentifikasi alat reproduksi manusia
2.4.2 Mendeskripsikan cara
perkembangbiakan manusia
C.
Tujuan Pembelajaran
· Melalui pengamatan pada Gambar siswa dapat Mengidentifikasi alat
Reproduksi manusi
· Melalui media gambar siswa dapat mendeskripsikan cara
perkembangbiakan manusia
D.
Materi
· Cara perkembangbiakan manusia
E.
Metode
· Demonstrasi, diskusi, Tanya
jawab
F.
Kegiatan Belajar Mengajar
1.Kegiatan Awal :
Apersepsi dan
motivasi
·
Memberi
salam, membaca doa, mengabsen serta
menyapa siswa,
·
Bertanya
jawab tentang silsilah keluarganya
·
Menyampaikan
Tujuan pembelajaran
|
|
2.Kegiatan Inti:
·
Siswa
mengamati Gambar struktur tubuh manusia
·
Siswa menyebutka
anggota tubuh manusia beserta fungsinya
·
Siswa Membandingkan
antara gambar wanita dan gambar pria
·
Guru membagi
3 kelompok siswa
-
Siswa berdiskusi
tentang Perbedaan wanita dan pria
-
Siswa menemukan
alat reproduksi pria dan wanita melalui gambar sruktur tubuh manusia
-
Siswa menjelaskan
cara perkembangbiakan manusia
-
Siswa
melaporkan hasil kerja kelompoknya didepan kelas
-
Guru
memberikan kesempatan bagi siswa yang ingin menyampaikan gagasan atau pendapat
mereka mengenai cara berkembang biakan manusia
-
Guru menyediakan
waktu bagi siswa untuk bertanya jawab tentang cara berkembwngbiakan manusia
-
Siswa
mengerjakan tugas lks
-
Guru Memberi
penguatan
|
|
3. Kegiatan akhir :
-
Guru bersama siswa mengambil kesimpulan
tentang materi yang diajarkan
-
Pesan Moral
|
G.
Alat Dan Bahan :
-
Gambar,
buku paket kelas VI, lingkungan
H.
Penilaian
-
Tes
lisan dan tes tulisan
Mengetahui , Aneuk
Batee,
Kepala Sekolah Wali
Kelas
MARZUKI DJOHAN IDAWATI,
S.Pd
NIP: 19570101 1980121010 NIP:
198105072006042046
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SD N ANEUK BATEE
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS /SEMESTER : VI /I
WAKTU : 2 X 35 MENIT
A.
STANDAR KOMPETENSI :
3. Memahami Pengaruh
Kegiatan Manusia Terhadap Keseimbangan Lingkungan
B.
Kompetensi dasar / Indikator
3.1 Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan
alam (ekosistem)
3.1.1 Menjelaskan pengertian ekosistem Menjelaskan
akibat dari
3.1.2 Menyebutkan berbagai kegiatan manusiayang
dapat mempengaruhi kestabilan ekosistem
3.1.3 Menjelaskan akibat dari penggunaan dari
bahan kimia secara berlebihan
C.
Tujuan Pembelajaran
· Melalui pengamatan movie siswa dapat menjelaskan tentang ekosistem
· Melalui media gambar siswa dapat menyebutkan kegiatan – kegiatan
manusia yang dapat mempengaruhi kestabilan ekosistem
· Melalui bacaan siswa dapat menjelaskan dampak penggunaan bahan
kimia berlebihan
D.
Materi
· Hubungan Kegiatan Manusia dan ekosistem
E.
Metode
· Demonstrasi, diskusi, Tanya jawab
F.
Kegiatan Belajar Mengajar
1.
Kegiatan
Awal :
Apersepsi dan motivasi
· Memberi salam,membaca doa,mengabsen
serta menyapa siswa,
· Menonton video
· Menyampaikan Tujuan pembelajaran
|
|
2.
Kegiatan
Inti:
· Siswa mengamati video tentang
ekosistem
· Siswa memahami isi dari video
tersebut
-
Siswa
mengerti apa yang dimaksud dengan ekosistem
-
siswa
menyebutkan pengertian dari ekosistem
-
Siswa
menyebutkan berbagai kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi kestabilan
ekosistem
-
Siswa
menjelaskan dampak dari bahan kimia
-
Guru
memberikan kesempatan bagi siswa yang ingin menyampaikan gagasan atau pendapat
mereka mengenai cara berkembang biakan manusia
-
Guru
menyediakan waktu bagi siswa untuk bertanya jawab tentang kegiatan manusia
dengan ekosistem
-
Siswa
mengerjakan latihan
-
Guru
Memberi penguatan
|
|
3.
Kegiatan
akhir :
-
Guru
bersama siswa mengambil kesimpulan tentang materi yang diajarkan
· Pesan Moral
|
G.
Alat Dan Bahan :
· Gambar hewan berkembangbiak, buku paket kelas VI, lingkungan, Note
Books (Laptop) dan perangkatnya
H.
Penilaian
· Tes lisan dan tes tulisan
Mengetahui , Aneuk
Batee,
Kepala Sekolah Wali
Kelas
MARZUKI DJOHAN IDAWATI,
S.Pd
NIP: 19570101 1980121010 NIP:
198105072006042046
Tes tulisan
1.
Apa
yang dimaksud dengan ekosistem
2.
Sebutkan
5 kegiatan manusian yang dapat merusak ekosistem
3.
Jelaskan
akibat dari penggunaan bahan kimia berlebihan
4.
Mamfaat
dari pembangunan industri
5.
Tuliskan
pendapat kalian masing-masing tentang kegiatan manusia yang merusak ekosistem
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SD N ANEUK BATEE
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS /SEMESTER : VI /I
WAKTU : 2 X 35 MENIT
A.
STANDAR KOMPETENSI :
3. Memahami Pengaruh
Kegiatan Manusia Terhadap Keseimbangan Lingkungan
B.
Kompetensi dasar / Indikator
3.2 Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang sering
dimamfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan
3.2.1 Mengindentifikasi tumbuhan yang dimamfaatkan manusia yang medekati
kepunahan (kayu jati,pinus,cendana)
3.2.2 Mendeskripsikan akibat
eksploitasi tumbuhan yang berlebihan terhadap keseimbangan lingkungan
C.
Tujuan Pembelajaran
· Melalui pengamatan movie siswa dapat mengientifikasi tumbuhan yang
sering dimamfaatkan manusia yang mendekati kepunahan
· Melalui media bacaan siswa dapat mendeskripsikan akibat eksploitasi
tumbuhan yang berlebihan terhadap keseimbangan lingkungan
D.
Materi
· Pemamfaatan tumbuhan terhadap keseimbangan lingkungan
E.
Metode
· Demonstrasi, diskusi,Tanya jawab
F.
Kegiatan Belajar Mengajar
1.
Kegiatan
Awal :
Apersepsi dan motivasi
· Memberi salam,membaca
doa,mengabsen serta menyapa siswa,
· Menonton video
· Menyampaikan Tujuan pembelajaran
|
|
2.
Kegiatan
Inti:
-
Siswa
mengamati video tentang tumbuhan yang sering dimamfaatkan manusia
-
Siswa memahami
isi dari video tersebut
-
Siswa
mengerti apa yang dimaksud dengan pemamfaatan tumbuhan terhadap keseimbangan
lingkungan
-
Siswa menyebutkan
tumbuhan yang sering di mamfaatkan oleh manusia
-
Siswa
menyebutkan berbagai barang yang di hasilkan oleh manusia dari olahan kayu
tersebut
-
Siswa berdiskusi
tentang eksploitasi tumbuhan berlebihan terhadap keseibangan Lingkungan
-
Guru
memberikan kesempatan bagi siswa yang ingin menyampaikan gagasan atau
pendapat mereka mengenai tumbuhan yang sering dimamfaatkan manusia
-
Guru menyediakan
waktu bagi siswa untuk bertanya jawab tentang kegiatan manusia dalam
pemamfaatan tumbuhan
-
Siswa
mengerjakan latihan
-
Guru Memberi
penguatan
|
|
3.Kegiatan akhir :
-
Guru bersama
siswa mengambil kesimpulan tentang materi yang diajarkan
-
Pesan Moral
|
G.
Alat Dan Bahan :
-
Gambar,
buku paket kelas VI, lingkungan, Note Books (Laptop) dan perangkatnya
H.
Penilaian
-
Tes
lisan dan tes tulisan
Mengetahui , Aneuk
Batee,
Kepala Sekolah Wali
Kelas
MARZUKI DJOHAN IDAWATI,
S.Pd
NIP: 19570101 1980121010 NIP:
198105072006042046
Tes tulisan
1.
Sebutkan
5 jenis tumbuhan yang sering di mamfaatkan manusia
2.
Tuliskan
3 contoh barang yang di mamfaatkan oleh manusia dari tumbuhan
3.
Bagaimana
cara manusia mendapatkan tumbuhan tersebut
4.
Apa pengertian
dari eksploitasi tumbuhan
5.
Apa akibat
dari eksploitasi tumbuhan berlebihan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SD N ANEUK BATEE
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS /SEMESTER : VI /I
WAKTU : 2 X 35 MENIT
A.
STANDAR KOMPETENSI :
3. Memahami Pengaruh Kegiatan Manusia Terhadap Keseimbangan Lingkungan
B.
Kompetensi dasar / Indikator
3.2 Mengidentifikasi bagian
tumbuhan yang sering dimamfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan
lingkungan
3.2.3 Menjelaskan cara Melestarikan Tumbuhan dari Kepunahan
C.
Tujuan Pembelajaran
· Melalui pengamatan movie siswa dapat menjelaskan cara melestarikan
tumbuhan dari kepunahan
D.
Materi
· Pemamfaatan tumbuhan terhadap keseimbangan lingkungan
E.
Metode
· Demonstrasi, diskusi, Tanya
jawab
F.
Kegiatan Belajar Mengajar
1.
Kegiatan
Awal :
Apersepsi dan motivasi
· Memberi salam,membaca
doa,mengabsen serta menyapa siswa,
· Menonton video
· Menyampaikan Tujuan pembelajaran
|
|
2.
Kegiatan
Inti:
-
Siswa
mengamati video tentang Pelestarian tumbuhan
-
Siswa
memahami isi dari video tersebut
-
Siswa
mengerti cara pelestarian hutan
-
Guru
membagi siswa dalam 3 kelompok
-
Siswa
berdiskusi tentang pelestarian tumbuhan dari kepunahan
-
Siswa
berdiskusi tentang ekosistem akibat penggunaan bahan kimia secara berlebihan
-
Siswa
melaporkan hasil kerja kelompok kedepan kelas
-
Guru
memberikan kesempatan bagi siswa yang ingin menyampaikan gagasan atau
pendapat mereka mengenai pelestarian tumbuhan
-
Guru
menyediakan waktu bagi siswa untuk bertanya jawab pelestarian tumbuhan yang
hampir punah
-
Siswa
mengerjakan latihan
-
Guru
Memberi penguatan
|
|
3.
Kegiatan
akhir :
-
Guru
bersama siswa mengambil kesimpulan tentang materi yang diajarkan
-
Pesan
Moral
|
G.
Alat Dan Bahan :
-
Gambar,
buku paket kelas VI, lingkungan, laptop dan perangkatnya
H.
Penilaian
-
Tes
lisan dan tes tulisan
Mengetahui , Aneuk
Batee,
Kepala Sekolah Wali
Kelas
MARZUKI DJOHAN IDAWATI,
S.Pd
NIP: 19570101 1980121010 NIP:
198105072006042046
Tes Tulisan
1.
Sebutkan
5 jenis tumbuhan yang medekati kepunahan
2.
Tuliskan
cirri –ciri bunga bangkai raksasa
3.
Di
Indonesia di daerah mana sering ditemukan Raflesia
4.
Jelaskan
cara pelestarian tumbuhan yang hampir punah
5.
Apa akibat
dari tidak melestariskan tumbuhan yang hampir punah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SD N ANEUK BATEE
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS /SEMESTER : VI /I
WAKTU : 2 X 35 MENIT
A.
STANDAR KOMPETENSI :
2. Memahami Cara Perkembangbiakan
Makhluk hidup
B.
Kompetensi dasar / Indikator
2.3 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan Hewan
dan tumbuhan
2.3.4 Mengidentifikasi
berkembangbiakan Vegetatif
2.3.5 Mengidentifikasi alat perkembangbiakan generative
2.3.6 Menjelaskan Pengertian
penyerbukan dan pembuahan
C.
Tujuan Pembelajaran
·
Melalui
pengamatan pada lingkungan siswa dapat menemukan perbedaan tumbahan yang berkembiakan
vegetatif alami dan vegetatif buatan
·
Melalui
Diskusi siswa dapat menyebutkan alat-alat perkembangbiakan generative baik
alami maupun buatan
·
Melalui
media video siswa dapat menjelaskan pengertian penyerbukan dan pembuahan
D.
Materi
·
Perkembangbiakan
tumbuhan
E.
Metode
·
Demonstrasi,diskusi,Tanya
jawab
F.
Kegiatan Belajar Mengajar
1.
Kegiatan
Awal :
Apersepsi dan motivasi
· Memberi salam,membaca
doa,mengabsen serta menyapa siswa,
· Bertanya jawab tentang pelajaran
lalu
· Menyampaikan Tujuan pembelajaran
|
|
2.
Kegiatan
Inti:
-
Siswa
mengamati tumbuhan yang ada di lingkungan sekolah
-
Guru
membagi 3 kelompok siswa
-
siswa
melakukan percobaan perkembangbiakan secara vegetative alami (menanam jahe, Lengkuas,
Kencur)
-
Siswa
menyebutkan cara berkembangbiak vegetative alami
-
Siswa
melakukan percobaan secara vegetative buatan (congkok, okulasi, stek)
-
Siswa
melaporkan hasil kerja kelompoknya didepan kelas
-
Guru
memberikan kesempatan bagi siswa yang ingin menyampaikan gagasan atau
pendapat mereka mengenai cara berkembang biakan tumbuhan
-
Guru
menyediakan waktu bagi siswa untuk bertanya jawab tentang cara
berkembangbiakan tumbuhan
-
Guru
Memberi penguatan
|
|
3.
Kegiatan
akhir :
-
Guru
bersama siswa mengambil kesimpulan tentang materi yang diajarkan
-
Pesan
Moral
|
G.
Alat Dan Bahan :
-
Gambar,
buku paket kelas VI, lingkungan
H.
Penilaian
-
Tes
lisan dan tes tulisan
Mengetahui , Aneuk
Batee,
Kepala Sekolah Wali
Kelas
MARZUKI DJOHAN IDAWATI,
S.Pd
NIP: 19570101 1980121010 NIP:
198105072006042046
No comments:
Post a Comment