BELAJAR ADALAH KEWAJIBAN

Wednesday, July 20, 2016

RPP IPA SD Kelas VI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                        : SD N ANEUK BATEE
MATA PELAJARAN        : IPA
KELAS /SEMESTER        : VI /I
WAKTU                            : 2 X 35 MENIT

A.    STANDAR KOMPETENSI :
2. Memahami Cara Perkembangbiakan Makhluk hidup

B.     Kompetensi dasar / Indikator
2.3. Mengidentifikasi cara perkembangbiakan Hewan dan tumbuhan
2.3.1 Mengidentifikasi cara hewan berkembangbiak
2.3.2 Mendeskripsikan cara hewan berkembangbiak
2.3.3 Mengelompokkan hewan yang membuahi sel telurnya didalam tubuh dan diluar tubuhnya

C.    Tujuan Pembelajaran
·         Melalui pengamatan gambar siswa dapat mengindetifikasi cara hewan berkembangbiak
·         Melalui media gambar siswa dapat mendeskripsikan cara hewan berkembangbiak
·         Melalui Diskusi siswa dapat mengelompokkan hewan yang membuahi sel telurnya didalam tubunnya dan hewan yang membuahi seltelurnya diluar  tubuhnya

D.    Materi
·       Perkembangbiakan Hewan

E.    Metode
-        demonstrasi,diskusi,Tanya jawab



F.     Kegiatan Belajar Mengajar
1.     Kegiatan Awal :
      Apersepsi dan motivasi
·       Memberi salam,membaca doa,mengabsen serta menyapa siswa,
·       Bertanya jawab tentang pelajaran lalu
·       Menyampaikan Tujuan pembelajaran

2.     Kegiatan Inti:
-        Siswa mengamati gambar hewan  berkembang biak
-        siswa mengamati cara hewan berkembangbiak
-        siswa menyebutkan cara-cara hewan berkembang - biak
-        Guru membagi 3 kelompok siswa
-        siswa berdiskusi tentang cara hewan berkembangbiak
-        Siswa pengelompokan hewan yang membuahi sel telurnya didalam tubuh dan hewan yang I membuahi seltelur diluar tubuhnya
-        siswa menyimpulkan cara hewan berkembangbiak
-        Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya
-        Guru memberikan kesempatan bagi siswa yang ingin menyampaikan gagasan atau pendapat mereka mengenai cara berkembang biakan hewan
-        Guru menyediakan waktu bagi siswa untuk bertanya jawab tentang cara berkembangbiakan hewan
-        Guru Memberi penguatan


3.     Kegiatan akhir :
-        Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang materi yang diajarkan
-        Pesan Moral




G.   Alat Dan Bahan :
-        Gambar hewan berkembangbiak,buku paket kelas VI, lingkungan

H.    Penilaian
-        Tes lisan dan tes tulisan



Mengetahui ,                                                                                       Aneuk Batee,
Kepala Sekolah                                                                                   Wali Kelas



MARZUKI DJOHAN                                                                        IDAWATI, S.Pd
NIP: 19570101 1980121010                                                               NIP: 198105072006042046






Soal :
1.     Sebutkan 2 cara pembuahan terhadap telur hewan -hewan
2.     Jelaskan pengertian dari hewan berkembangbiak pada hydra
3.     Tuliskan 3 contoh hewan yang bertelur
4.     Tuliskan 3 contoh hewan yang melahirkan
5.     Apa pengertian dari ovivar,vivar dan ovovivipar




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                           : SD N ANEUK BATEE
MATA PELAJARAN          : IPA
KELAS /SEMESTER          : VI /I
WAKTU                              : 2 X 35 MENIT

A.    STANDAR KOMPETENSI :
    2. Memahami Cara Perkembangbiakan Makhluk hidup

B.     Kompetensi dasar / Indikator
2.3 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan Hewan dan tumbuhan
2.3.4  Mengidentifikasi berkembangbiakan Vegetatif      
2.3.5  Mengidentifikasi  alat perkembangbiakan generative
2.3.6  Menjelaskan Pengertian penyerbukan dan pembuahan

C.    Tujuan Pembelajaran
·       Melalui pengamatan pada lingkungan siswa dapat menemukan  perbedaan tumbahan yang berkembiakan vegetatif alami dan vegetatif buatan
·       Melalui Diskusi siswa dapat menyebutkan alat-alat perkembangbiakan generative baik alami maupun buatan
·       Melalui media video siswa dapat menjelaskan pengertian penyerbukan dan pembuahan

D.    Materi
·       Perkembangbiakan tumbuhan

E.    Metode
·       Demonstrasi, diskusi, Tanya jawab

F.     Kegiatan Belajar Mengajar
1.     Kegiatan Awal :
   Apersepsi dan motivasi
·       Memberi salam,membaca doa,mengabsen serta menyapa siswa,
·       Bertanya jawab tentang pelajaran lalu
·       Menyampaikan Tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti:
·       Siswa mengamati tumbuhan yang ada di lingkungan sekolah
·       siswa menemukan cara tumbuhan berkembangbiak
·       siswa menyebutkan cara berkembangbiak vegetative alami dan buatan
·       Guru membagi 3 kelompok siswa
·       Siswa berdiskusi tentang cara berkembangbiakan regetatif
·       Siswa pengelompokan tumbuhan regetatif alami dan buatan
·       Siswa menyebutkan bagian – bagian dari bunga dan fungsinya siswa berdiskusi tentang penyerbukan dan pembuahan
·       Siswa berdiskusi tentang penyerbukan dan pembuahan
·       Siswa melaporkan hasil kerja kelompoknya didepan kelas
·       Guru memberikan kesempatan bagi siswa yang ingin menyampaikan gagasan atau pendapat mereka mengenai cara berkembang biakan tumbuhan
·       Guru menyediakan waktu bagi siswa untuk bertanya jawab tentang cara berkembwngbiakan tumbuhan
·       Guru Memberi penguatan

3. Kegiatan akhir :
·       Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang materi yang diajarkan
·       Pesan Moral





G.   Alat dan Bahan :
·       Gambar,buku paket kelas VI, lingkungan

H.    Penilaian
·       Tes lisan dan tes tulisan



Mengetahui ,                                                                                       Aneuk Batee,
Kepala Sekolah                                                                                   Wali Kelas



MARZUKI DJOHAN                                                                        IDAWATI, S.Pd
NIP: 19570101 1980121010                                                               NIP: 198105072006042046






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                           : SD N ANEUK BATEE
MATA PELAJARAN          : IPA
KELAS /SEMESTER          : VI /I
WAKTU                              : 2 X 35 MENIT

A.    STANDAR KOMPETENSI :
    2. Memahami Cara Perkembangbiakan Makhluk hidup

B.    Kompetensi dasar / Indikator
   2.4 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan Manusia
2.4.1 Mengidentifikasi alat reproduksi manusia
2.4.2  Mendeskripsikan cara perkembangbiakan manusia

C.    Tujuan Pembelajaran
·       Melalui pengamatan pada Gambar siswa dapat Mengidentifikasi alat Reproduksi manusi
·       Melalui media gambar siswa dapat mendeskripsikan cara perkembangbiakan manusia

D.    Materi
·       Cara perkembangbiakan manusia

E.    Metode
·         Demonstrasi, diskusi, Tanya jawab



F.     Kegiatan Belajar Mengajar
1.Kegiatan Awal :
   Apersepsi dan motivasi
·       Memberi salam, membaca doa, mengabsen  serta menyapa siswa,
·       Bertanya jawab tentang silsilah keluarganya
·       Menyampaikan Tujuan pembelajaran

2.Kegiatan Inti:
·       Siswa mengamati Gambar struktur tubuh manusia
·       Siswa menyebutka anggota tubuh manusia beserta fungsinya
·       Siswa Membandingkan antara gambar wanita dan gambar pria
·       Guru membagi 3 kelompok siswa
-        Siswa berdiskusi tentang Perbedaan wanita dan pria
-        Siswa menemukan alat reproduksi pria dan wanita melalui gambar sruktur tubuh manusia
-        Siswa menjelaskan cara perkembangbiakan manusia
-        Siswa melaporkan hasil kerja kelompoknya didepan kelas
-        Guru memberikan kesempatan bagi siswa yang ingin menyampaikan gagasan atau pendapat mereka mengenai cara berkembang biakan manusia
-        Guru menyediakan waktu bagi siswa untuk bertanya jawab tentang cara berkembwngbiakan manusia
-        Siswa mengerjakan tugas lks
-        Guru Memberi penguatan

3. Kegiatan akhir :
-         Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang materi yang diajarkan
-        Pesan Moral







G.   Alat Dan Bahan :
-        Gambar, buku paket kelas VI, lingkungan

H.    Penilaian
-        Tes lisan dan tes tulisan



Mengetahui ,                                                                                       Aneuk Batee,
Kepala Sekolah                                                                                   Wali Kelas




MARZUKI DJOHAN                                                                        IDAWATI, S.Pd
NIP: 19570101 1980121010                                                               NIP: 198105072006042046







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                           : SD N ANEUK BATEE
MATA PELAJARAN          : IPA
KELAS /SEMESTER          : VI /I
WAKTU                              : 2 X 35 MENIT

A.    STANDAR KOMPETENSI :
    3. Memahami Pengaruh Kegiatan Manusia Terhadap Keseimbangan Lingkungan

B.    Kompetensi dasar / Indikator
    3.1 Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem)
3.1.1   Menjelaskan pengertian ekosistem Menjelaskan akibat dari
3.1.2  Menyebutkan berbagai kegiatan manusiayang dapat mempengaruhi kestabilan ekosistem
3.1.3    Menjelaskan akibat dari penggunaan dari bahan kimia secara berlebihan  

C.    Tujuan Pembelajaran
·       Melalui pengamatan movie siswa dapat menjelaskan tentang ekosistem
·       Melalui media gambar siswa dapat menyebutkan kegiatan – kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi kestabilan ekosistem
·       Melalui bacaan siswa dapat menjelaskan dampak penggunaan bahan kimia berlebihan

D.    Materi
·       Hubungan Kegiatan Manusia dan ekosistem

E.    Metode
·       Demonstrasi, diskusi, Tanya jawab

F.     Kegiatan Belajar Mengajar
1.     Kegiatan Awal :
   Apersepsi dan motivasi
·       Memberi salam,membaca doa,mengabsen serta menyapa siswa,
·       Menonton video
·       Menyampaikan Tujuan pembelajaran

2.     Kegiatan Inti:
·       Siswa mengamati video tentang ekosistem
·       Siswa memahami isi dari video tersebut
-        Siswa mengerti apa yang dimaksud dengan ekosistem
-        siswa menyebutkan pengertian dari ekosistem
-        Siswa menyebutkan berbagai kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi kestabilan ekosistem
-        Siswa menjelaskan dampak dari bahan kimia
-        Guru memberikan kesempatan bagi siswa yang ingin menyampaikan gagasan atau pendapat mereka mengenai cara berkembang biakan manusia
-        Guru menyediakan waktu bagi siswa untuk bertanya jawab tentang kegiatan manusia dengan ekosistem
-        Siswa mengerjakan latihan
-        Guru Memberi penguatan


3.     Kegiatan akhir :
-        Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang materi yang diajarkan
·       Pesan  Moral







G.   Alat Dan Bahan :
·       Gambar hewan berkembangbiak, buku paket kelas VI, lingkungan, Note Books (Laptop) dan perangkatnya
H.    Penilaian
·       Tes lisan dan tes tulisan



Mengetahui ,                                                                                       Aneuk Batee,
Kepala Sekolah                                                                                   Wali Kelas




MARZUKI DJOHAN                                                                        IDAWATI, S.Pd
NIP: 19570101 1980121010                                                               NIP: 198105072006042046





Tes  tulisan
1.     Apa yang dimaksud dengan ekosistem
2.     Sebutkan 5 kegiatan manusian yang dapat merusak ekosistem
3.     Jelaskan akibat dari penggunaan bahan kimia berlebihan
4.     Mamfaat dari pembangunan industri
5.     Tuliskan pendapat kalian masing-masing tentang kegiatan manusia yang merusak ekosistem



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                      : SD N ANEUK BATEE
MATA PELAJARAN     : IPA
KELAS /SEMESTER     : VI /I
WAKTU                          : 2 X 35 MENIT


A.    STANDAR KOMPETENSI :
    3. Memahami Pengaruh Kegiatan Manusia Terhadap Keseimbangan Lingkungan

B.    Kompetensi dasar / Indikator
3.2  Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang sering dimamfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan
3.2.1 Mengindentifikasi tumbuhan  yang dimamfaatkan manusia yang medekati kepunahan (kayu jati,pinus,cendana)
3.2.2 Mendeskripsikan akibat eksploitasi tumbuhan yang berlebihan terhadap keseimbangan lingkungan

C.    Tujuan Pembelajaran
·       Melalui pengamatan movie siswa dapat mengientifikasi tumbuhan yang sering dimamfaatkan manusia yang mendekati kepunahan
·       Melalui media bacaan siswa dapat mendeskripsikan akibat eksploitasi tumbuhan yang berlebihan terhadap keseimbangan lingkungan

D.    Materi
·       Pemamfaatan tumbuhan terhadap keseimbangan lingkungan

E.    Metode
·       Demonstrasi, diskusi,Tanya jawab

F.     Kegiatan Belajar Mengajar
1.     Kegiatan Awal :
   Apersepsi dan motivasi
·       Memberi salam,membaca doa,mengabsen serta menyapa siswa,
·       Menonton video
·       Menyampaikan Tujuan pembelajaran

2.     Kegiatan Inti:
-        Siswa mengamati video tentang tumbuhan yang sering dimamfaatkan manusia
-        Siswa memahami isi dari video tersebut
-        Siswa mengerti apa yang dimaksud dengan pemamfaatan tumbuhan terhadap keseimbangan lingkungan
-        Siswa menyebutkan tumbuhan yang sering di mamfaatkan oleh manusia
-        Siswa menyebutkan berbagai barang yang di hasilkan oleh manusia dari olahan kayu tersebut
-        Siswa berdiskusi tentang eksploitasi tumbuhan berlebihan terhadap keseibangan Lingkungan
-        Guru memberikan kesempatan bagi siswa yang ingin menyampaikan gagasan atau pendapat mereka mengenai tumbuhan yang sering dimamfaatkan manusia
-        Guru menyediakan waktu bagi siswa untuk bertanya jawab tentang kegiatan manusia dalam pemamfaatan tumbuhan
-        Siswa mengerjakan latihan
-        Guru Memberi penguatan


3.Kegiatan akhir :
-        Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang materi yang diajarkan
-        Pesan Moral







G.   Alat Dan Bahan :
-        Gambar, buku paket kelas VI, lingkungan, Note Books (Laptop) dan perangkatnya

H.    Penilaian
-        Tes lisan dan tes tulisan



Mengetahui ,                                                                                       Aneuk Batee,
Kepala Sekolah                                                                                   Wali Kelas




MARZUKI DJOHAN                                                                        IDAWATI, S.Pd
NIP: 19570101 1980121010                                                               NIP: 198105072006042046



Tes tulisan
1.     Sebutkan 5 jenis tumbuhan yang sering di mamfaatkan manusia
2.     Tuliskan 3 contoh barang yang di mamfaatkan oleh manusia dari tumbuhan
3.     Bagaimana cara manusia mendapatkan tumbuhan tersebut
4.     Apa pengertian dari eksploitasi tumbuhan
5.     Apa akibat dari eksploitasi tumbuhan berlebihan




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                        : SD N ANEUK BATEE
MATA PELAJARAN        : IPA
KELAS /SEMESTER        : VI /I
WAKTU                            : 2 X 35 MENIT

A.    STANDAR KOMPETENSI :
    3. Memahami  Pengaruh  Kegiatan  Manusia  Terhadap  Keseimbangan  Lingkungan

B.    Kompetensi dasar / Indikator
3.2  Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang sering dimamfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan
3.2.3 Menjelaskan cara Melestarikan Tumbuhan dari Kepunahan
                           
C.    Tujuan Pembelajaran
·       Melalui pengamatan movie siswa dapat menjelaskan cara melestarikan tumbuhan dari kepunahan
D.    Materi
·       Pemamfaatan tumbuhan terhadap keseimbangan lingkungan

E.    Metode
·        Demonstrasi, diskusi, Tanya jawab



F.     Kegiatan Belajar Mengajar
1.     Kegiatan Awal :
   Apersepsi dan motivasi
·       Memberi salam,membaca doa,mengabsen serta menyapa siswa,
·       Menonton video
·       Menyampaikan Tujuan pembelajaran

2.      Kegiatan Inti:
-      Siswa mengamati video tentang Pelestarian tumbuhan
-      Siswa memahami isi dari video tersebut
-      Siswa mengerti cara pelestarian hutan
-      Guru membagi siswa dalam 3 kelompok
-      Siswa berdiskusi tentang pelestarian tumbuhan dari kepunahan
-      Siswa berdiskusi tentang ekosistem akibat penggunaan bahan kimia secara berlebihan
-      Siswa melaporkan hasil kerja kelompok kedepan kelas
-      Guru memberikan kesempatan bagi siswa yang ingin menyampaikan gagasan atau pendapat mereka mengenai pelestarian tumbuhan
-      Guru menyediakan waktu bagi siswa untuk bertanya jawab pelestarian tumbuhan yang hampir punah
-      Siswa mengerjakan latihan
-      Guru Memberi penguatan


3.      Kegiatan akhir :
-      Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang materi yang diajarkan
-      Pesan Moral




G.   Alat Dan Bahan :
-        Gambar, buku paket kelas VI, lingkungan, laptop dan perangkatnya

H.    Penilaian
-        Tes lisan dan tes tulisan



Mengetahui ,                                                                                       Aneuk Batee,
Kepala Sekolah                                                                                   Wali Kelas




MARZUKI DJOHAN                                                                        IDAWATI, S.Pd
NIP: 19570101 1980121010                                                               NIP: 198105072006042046






Tes Tulisan
1.     Sebutkan 5 jenis tumbuhan yang medekati kepunahan
2.     Tuliskan cirri –ciri bunga bangkai raksasa
3.     Di Indonesia di daerah mana sering ditemukan Raflesia
4.     Jelaskan cara pelestarian tumbuhan yang hampir punah
5.     Apa akibat dari tidak melestariskan tumbuhan yang hampir punah





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                              : SD N ANEUK BATEE
MATA PELAJARAN            : IPA
KELAS /SEMESTER            : VI /I
WAKTU                                 : 2 X 35 MENIT

A.    STANDAR KOMPETENSI :
    2. Memahami Cara Perkembangbiakan Makhluk hidup

B.    Kompetensi dasar / Indikator
    2.3  Mengidentifikasi cara perkembangbiakan Hewan dan tumbuhan
2.3.4  Mengidentifikasi berkembangbiakan Vegetatif      
2.3.5  Mengidentifikasi  alat perkembangbiakan generative
2.3.6  Menjelaskan Pengertian penyerbukan dan pembuahan

C.    Tujuan Pembelajaran
·       Melalui pengamatan pada lingkungan siswa dapat menemukan  perbedaan tumbahan yang berkembiakan vegetatif alami dan vegetatif buatan
·       Melalui Diskusi siswa dapat menyebutkan alat-alat perkembangbiakan generative baik alami maupun buatan
·       Melalui media video siswa dapat menjelaskan pengertian penyerbukan dan pembuahan

D.    Materi
·       Perkembangbiakan tumbuhan

E.    Metode
·       Demonstrasi,diskusi,Tanya jawab

F.     Kegiatan Belajar Mengajar
1.     Kegiatan Awal :
   Apersepsi dan motivasi
·       Memberi salam,membaca doa,mengabsen serta menyapa siswa,
·       Bertanya jawab tentang pelajaran lalu
·       Menyampaikan Tujuan pembelajaran

2.     Kegiatan Inti:
-        Siswa mengamati tumbuhan yang ada di lingkungan sekolah
-        Guru membagi 3 kelompok siswa
-        siswa melakukan percobaan perkembangbiakan secara vegetative alami (menanam jahe, Lengkuas, Kencur)
-        Siswa menyebutkan cara berkembangbiak vegetative alami
-        Siswa melakukan percobaan secara vegetative buatan (congkok, okulasi, stek)
-        Siswa melaporkan hasil kerja kelompoknya didepan kelas
-        Guru memberikan kesempatan bagi siswa yang ingin menyampaikan gagasan atau pendapat mereka mengenai cara berkembang biakan tumbuhan
-        Guru menyediakan waktu bagi siswa untuk bertanya jawab tentang cara berkembangbiakan tumbuhan
-        Guru Memberi penguatan


3.     Kegiatan akhir :
-        Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang materi yang diajarkan
-        Pesan Moral



G.   Alat Dan Bahan :
-        Gambar, buku paket kelas VI, lingkungan

H.    Penilaian
-        Tes lisan dan tes tulisan



Mengetahui ,                                                                                       Aneuk Batee,
Kepala Sekolah                                                                                   Wali Kelas




MARZUKI DJOHAN                                                                        IDAWATI, S.Pd
NIP: 19570101 1980121010                                                               NIP: 198105072006042046



No comments:

Post a Comment