BELAJAR ADALAH KEWAJIBAN

Thursday, July 21, 2016

HUBUNGAN ANTARA MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA

PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran       : SD ANEUK BATEE
Satuan Pendidikan :  Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Tahun Pelajaran     : 2016 / 2017
Kelas   / semester    : VI / I

N0
Standar Kompetensi
Kopetensi dasar
Alokasi waktu
Keterangan
1

Memahami hubungan antara ciri –ciri mahkluk hidup dengan Lingkungan tempat  hidupnya
1.1  Mendeskripkan hubungan antara ciri –ciri khusus yang dimiliki hewan(jangkrik, belalang,kumbang)dan lingkungan hidupnya

1.2   Mendeskripkan hubungan antara ciri –ciri kusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidup
6 jp x 35 menit



6jp x35 menit

2
Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup
2. 1.   Mendeskripsikan perkembangan  dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia

2. 2.   Mendeskripsikan ciri –ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan anak

2. 3.   Mengidentifikasikan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan

2. 4.   Mengidentifikasi cara perkmbangbiakan  manusia

4jp x35 menit


4 jp x35menit

6 jp x 35 menit

4 jp x35 menit

3
Memahami pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan
3. 1.   Mengidentifikasi kegiatan manusiayang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem)

3. 2.   Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang sering dimamfaatkan manusia yang mengarah pada ketidak seimbangan lingkungan

3. 3.   Mengidentifikasi bagian tubuh hewan yang sering  dimamfaatkan manusia yang mengarah ketidak seimbangan lingkungan

2jp x35 menit


4 jp x 35 menit



4 jp x35 menit

4
Memahami pentingnya pelestarian makhluk hdup untuk mencegah kepunahan
4. 1.         Mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhanyang mendekati kepunahan

4. 2.         Mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis mahkluk hidup untuk perkembangan ilmu pengetahuan alam dan kehidupan masyarakat



4jp x35 menit

 4jp x35 menit

5
Memahami sling hubungan antara suhu,sifat hantaran,dan kegunaan benda

5. 1.    Membandingkan sifat kemampuan menghantar panasdari berbagai benda
12 jpx 35 menit

6
Memahami faktor penyebab perubahan benda
6. 1.         Menjelaskan faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui pengamatan

6. 2.         Mengindentifikasi faktor – faktor yang menntukan pemilahan benda atau bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari hari

6 jp x35 menit


Semester II



7
Mempraktikan pola penggunaan Dan perpindahan energi

7. 1.    Melakukan percabaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak (model jungkat jungkit, ketapel/model traktor sederhana energi pegas)

7. 2.    Menyajiakan imformasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik

6jpx 3 5 menit



12 jp x35 menit

8
Memahami pentingnya penghematan energi
8. 1.         Mengindentifikasi kegunaan energi listrik dan perpatisipasi dalam penghematannya di dalam kehidupan sehari hari

8. 2.         Membuat suatau karya/model yang menggunakan energi listrik (bel listrik, alarm, model lampu lalulintas, mobil mobilan, model peneragan rumah)

2 jp x35 menit



2 jp x35 menit

9
Memahami matahari sebagai tata surya dan interaksi bumi dan tata surya
9. 1.         Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya 

9. 2.         Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi dan bulan

9. 3.         Menjelaskan terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari

9. 4.         Mejelaskan perhitungan kalender masehi dan kalender hijriah

2 jp x35 menit

6jp x35 menit

6jp x35 menit

6 jp x35 menit


Jumlah




Mengetahui ,                                                                                       Aneuk Batee,                       2016
Kepala Sekolah                                                                                   Guru kelas


MARZUKI DJOHAN                                                                        IDAWATI, S.Pd

Nip : 195701011980121010                                                               Nip:198105072006042046

No comments:

Post a Comment