PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : SD ANEUK BATEE
Satuan Pendidikan : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Tahun Pelajaran : 2016 / 2017
Kelas / semester
: VI / I
N0
|
Standar
Kompetensi
|
Kopetensi
dasar
|
Alokasi
waktu
|
Keterangan
|
1
|
Memahami hubungan
antara ciri –ciri mahkluk hidup dengan Lingkungan tempat hidupnya
|
1.1 Mendeskripkan hubungan
antara ciri –ciri khusus yang dimiliki hewan(jangkrik, belalang,kumbang)dan
lingkungan hidupnya
1.2 Mendeskripkan hubungan antara ciri –ciri
kusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan
lingkungan hidup
|
6 jp x 35 menit
6jp x35 menit
|
|
2
|
Memahami cara
perkembangbiakan makhluk hidup
|
2. 1. Mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai
lanjut usia
2. 2. Mendeskripsikan ciri
–ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan anak
2. 3. Mengidentifikasikan cara
perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
2. 4. Mengidentifikasi cara
perkmbangbiakan manusia
|
4jp x35 menit
4 jp x35menit
6 jp x 35 menit
4 jp x35 menit
|
|
3
|
Memahami pengaruh
kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan
|
3. 1. Mengidentifikasi
kegiatan manusiayang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem)
3. 2. Mengidentifikasi bagian
tumbuhan yang sering dimamfaatkan manusia yang mengarah pada ketidak
seimbangan lingkungan
3. 3. Mengidentifikasi bagian
tubuh hewan yang sering dimamfaatkan
manusia yang mengarah ketidak seimbangan lingkungan
|
2jp x35 menit
4 jp x 35 menit
4 jp x35 menit
|
|
4
|
Memahami pentingnya
pelestarian makhluk hdup untuk mencegah kepunahan
|
4. 1.
Mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhanyang mendekati kepunahan
4. 2.
Mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis mahkluk hidup untuk
perkembangan ilmu pengetahuan alam dan kehidupan masyarakat
|
4jp x35 menit
4jp x35 menit
|
|
5
|
Memahami sling
hubungan antara suhu,sifat hantaran,dan kegunaan benda
|
5. 1. Membandingkan sifat
kemampuan menghantar panasdari berbagai benda
|
12 jpx 35 menit
|
|
6
|
Memahami faktor
penyebab perubahan benda
|
6. 1.
Menjelaskan faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan,
pembusukan) melalui pengamatan
6. 2.
Mengindentifikasi faktor – faktor yang menntukan pemilahan benda atau
bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan
sehari hari
|
6 jp x35 menit
|
|
|
Semester II
|
|
|
|
7
|
Mempraktikan pola
penggunaan Dan perpindahan energi
|
7. 1. Melakukan percabaan
untuk menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak (model jungkat jungkit, ketapel/model
traktor sederhana energi pegas)
7. 2. Menyajiakan imformasi
tentang perpindahan dan perubahan energi listrik
|
6jpx 3 5 menit
12 jp x35 menit
|
|
8
|
Memahami pentingnya
penghematan energi
|
8. 1.
Mengindentifikasi kegunaan energi listrik dan perpatisipasi dalam
penghematannya di dalam kehidupan sehari hari
8. 2.
Membuat suatau karya/model yang menggunakan energi listrik (bel
listrik, alarm, model lampu lalulintas, mobil mobilan, model peneragan rumah)
|
2 jp x35 menit
2 jp x35 menit
|
|
9
|
Memahami matahari
sebagai tata surya dan interaksi bumi dan tata surya
|
9. 1.
Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya
9. 2.
Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi dan bulan
9. 3.
Menjelaskan terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari
9. 4.
Mejelaskan perhitungan kalender masehi dan kalender hijriah
|
2 jp x35 menit
6jp x35 menit
6jp x35 menit
6 jp x35 menit
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
Mengetahui , Aneuk
Batee, 2016
Kepala Sekolah Guru kelas
MARZUKI DJOHAN IDAWATI,
S.Pd
Nip :
195701011980121010 Nip:198105072006042046
No comments:
Post a Comment